Site announcements

E-Learning, Metode Belajar Mutakhir Untuk Generasi Masa Depan

 
Man in Steel
E-Learning, Metode Belajar Mutakhir Untuk Generasi Masa Depan
by System Administrator - Tuesday, 12 February 2019, 9:47 PM
 


Sudah menjadi rahasia umum bahwa teknologi mampu memberi beberapa kemudahan tersendiri bagi kehidupan. Aspek pendidikan adalah salah satunya. Nah, sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar tersebut disebut dengan  e-learning.

SpAcer mungkin sudah sering mendengar ungkapan ini dan tertarik mencoba metode pembelajaran ini. Nah, ini dia saatnya kamu menyimak penjelasan di bawah ini.

Apa Saja Manfaat dari E-learning?

Agar merasa semakin mantap untuk menerapkan sistem e-learning dalam proses belajar-mengajar, yuk cari tahu terlebih dulu apa manfaat positif yang bisa kamu dapatkan nanti.

  • Bahan belajar tak terbatas – Bukannya perpustakaan konvensional harus diabaikan, tapi e-learning memungkinkan kamu untuk mendapat bahan belajar yang jauh lebih banyak dari perpustakaan konvensional. Kamu hanya perlu mengetikkan keyword tertentu pada mesin pencari online dan sederet informasi dari berbagai sumber bisa langsung kamu dapatkan. Kamu pun bisa mendapatkan sumber yang cepat.

 

  • Kesempatan untuk mengeksplorasi ilmu – Saat melakukan e-learning, kemungkinan besar kamu akan menemukan informasi baru yang akan membuat kamu semakin penasaran. Kabar baiknya, kamu bisa segera menggali informasi baru tersebut secara mudah. Dengan begitu, siapapun yang melakukan hal ini dapat memiliki banyak kesempatan untuk mengeksplorasi materi.


  • Waktu belajar lebih fleksibel – Belajar di dalam kelas memang bagus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan sosialisasi siswa, tapi tak dapat dipungkiri bahwa e-learning lebih unggul dalam hal fleksibilitas. Seorang siswa bisa belajar kapan pun dan di mana pun mereka berada selama memiliki perangkat koneksi internet yang memadai.


  • Sesuai dengan era digital – Berbagai aspek kehidupan saat ini sudah mulai berpindah ke ranah digital. Aktivitas belajar siswa pun pasti akan semakin mudah dengan menerapkan sistem e-learning. 

 

Bagaimana E-learning Berhasil Meningkatkan Pendidikan Anak di Dunia?

Tidak cukup membahas manfaat dari e-learning, di poin ini kamu akan semakin terpukau dengan fakta yang menunjukkan bahwa e-learning memberikan efek yang sangat besar terhadap pendidikan anak-anak di seluruh dunia. Ini dia bukti nyatanya.

  • Peningkatan pendidikan dasar di Afrika Selatan – Hadirnya e-learning tidak harus menghilangkan peran guru. Michael Goodman dari Via Afrika, perusahaan penerbitan dalam bidang pendidikan, berhasil membuktikan hal tersebut. Via Afrika membantu para guru di Afrika untuk belajar tentang e-learning, mulai dari pengoperasian tablet hingga penerapannya dalam pengajaran sehari-hari. Hasilnya, skor pendidikan dari Department of Basic Education pun meningkat.


  • Membantu anak berkebutuhan khusus – Belajar di dalam kelas dapat menimbulkan tantangan tersendiri bagi anak berkebutuhan khusus. Di Amerika, ada sebuah program bernama Technology and Media Services for Individuals with Disabilities. Salah satu proyeknya adalah The Center on Online Learningand Students with Disabilities (COLSD), yang bertugas membentuk metode pembelajaran online untuk anak berkebutuhan khusus. Proyek ini cukup sukses karena banyak dari mereka yang berhasil mencapai target pendidikan, terlepas dari kondisi yang diderita.


  • Penurunan buruh anak di sektor agrikultur – Menurut International Labour Ogranization, enam dari sepuluh anak berusia 5-17 tahun di dunia bekerja untuk sektor agrikultur. Padahal, agrikultur merupakan salah satu sektor paling bahaya untuk dijadikan lahan kerja. Untuk mengatasi hal tersebut, Food and Agriculture Organization (FAO) mengadakan e-learning bertajuk End Child Labour in Agriculture. Langkah ini diambil untuk meningkatkan awareness pada jajaran stakeholder agrikultur tentang isu tersebut.

 

Nah, apakah kamu masih ragu untuk menerapkan sistem e-learning dalam proses belajar kamu? Saatnya kamu memanfaatkan inovasi teknologi untuk hal positif seperti ini dan juga ajak teman-teman atau orang di sekitar untuk mencobanya.